in Wisata

5 Wisata Laut Banyuwangi, Bakal Ketagihan!

1. Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi via http://2.bp.blogspot.com

Ingin menikmati pesona liburan dengan tenang dan indah di pulau yang juga tidak jauh dari kota Banyuwangi, anda dapat mencari pantai indah di Banyuwangi dan wisata alam lainnya yang menarik. Namun berada disini serasa ingin berkunjung kembali

Kepulauan dan pantai Banyuwangi memang sangat mempesona alam yang indah dan masih belum tercemar limbah dan sampah. Tidak berlebihan jika tempat ini menjadi salah satu wisata yang harus di kunjungi ketika anda singgah ke Banyuwangi yaitu di pulau Tabuhan letaknya di 20 km dari kota banyuwangi, lebih tepatnya di desa bangsring, kecamatan wongsorejo. Disini anda dapat menikmati sun set ketika sore menjelang dan sun rise ketika pagi menghampiri.

Pulau tabuhan sangat cocok untuk scuba diving / snorkling, Tak ada salahnya untuk melakukan kegiatan di laut yaitu berenang bersama hewan – hewan laut karena airnya sangat jernih.

Dari Pantai Bangsring, wisatawan bisa menyeberang ke Pulau Tabuhan dengan perahu yang disewakan oleh sejumlah warga setempat. Harga sewanya berkisar Rp 500.000 untuk satu perahu berisi 10 penumpang yang akan mengantar wisatawan pergi-pulang ke Pulau Tabuhan.

Di sepanjang perjalanan menuju pulau dengan pantai berpasir putih bersih ini, mata wisatawan bakal dimanja dengan pemandangan menawan gradasi warna laut mulai hijau, biru muda sampai biru tua.

Hanya sekitar 30 menit melintas, wisatawan bakal sampai di Pulau Tabuhan. Dan itulah surga tersembunyi: pantai pasir putih dengan air yang sangat jernih berwarna hijau tosca. Tak hanya itu, wisatawan bisa melihat berbagai satwa, termasuk burung Maleo, yang menjadikan Pulau Tabuhan sebagai tempat bermigrasi.Wisatawan bisa bermain air dengan, bahkan bisa pula melihat berbagai ikan hias. Tentu saja karena saking jernihnya air. Wisatawan bisa menyelam dan melihat terumbu karang yang dihuni ribuan spesies ikan, bunga karang, dan berbagai tumbuhan laut lainnya.Kini, Pulau Tabuhan juga semakin sering digunakan sebagai tempat selancar layang (kitesurfing) dan selancar angin (windsurfing). Angin yang berembus dengan cukup kencang sesekali membuat para “kitesurfer” (sebutan peselancar layang) dan windsurfer (peselancar angin) terangkat dari air dan melayang-layang di udara. Sebuah atraksi yang cukup fantastis untuk dinikmati.

2. Pantai Bangsring Banyuwangi

Pantai Bangsring Banyuwangi

Pantai Bangsring Banyuwangi via http://www.telusurindonesia.com

Selain Pulau Tabuhan, di Banyuwangi provinsi Jawa Timur ada lagi tempat yang tak kalah indahnya. Tempat tersebut adalah Pantai Bangsring yang terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 20 km dari pusat kota Banyuwangi.Pantai ini berhadapan dengan Pulau Tabuhan , dan merupakan Pantai singgahan pertama sebelum menuju ke Pulau Tabuhan Banyuwangi. Pantai Bangsring di Banyuwangi ini menyuguhkan Taman laut yang sangat indah , Lautnya yang dangkal, juga menjadi kelebihan tersendiri terutama bagi anda yang kurang mahir berenang. Karena hanya dengan kedalaman sekitar dua meter, para anda yang berkunjung ke Pantai Bangsring sudah bisa melihat pemandangan laut yang indah dengan snorkeling. Selain menikmati keindahan yang disuguhkan di Pantai Bangsring ini, kuatnya arus Selat Bali pun menjadi tantangan tersendiri bagi para penikmat snorkeling. Hawa dingin yang ada dikarenakan hembusan angin yang sepoi-sepoi pun menjadi sensasi tersendiri saat bersnorkeling ria di Pantai Bangsring ini.Untuk masuk ke tempat wisata Pantai Bangsring sendiri tidak diberlakukan tiket masuk alias gratis.Para penelusur yang berkunjung ke Pantai Bangsring hanya cukup membayar biaya sewa peralatan untuk snorkeling saja. Dengan biaya sewa yang cukup terjangkau, para penelusur sudah mendapatkan peralatan masker plus bonus sewa pelampung. Untuk biaya sewa peralatan snorkeling sendiri seharga Rp 30.000 perorang. Dan jika para penelusur menyewa 10 peralatan sekaligus untuk rombongan, maka para penelusur akan mendapatkan bonus yaitu seorang pemandu yang akan memandu para penelusur saat snorkeling menikmati indahnya terumbu karang. Selain itu anda juga bisa menikmati berenang bersama hiu di Rumah Apung Bangsring Banyuwangi

3. Teluk Biru Banyuwangi

Teluk Biru Banyuwangi

Teluk Biru Banyuwangi via http://1.bp.blogspot.com

Satu lagi pesona keajaiban Banyuwangi adalah Teluk Biru. Teluk Biru salah satu alternative snorkeling di banyuwangi. dengan Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan kedua wisata di banyuwangi. Laut disini juga masih asri dan belum terekpose, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih. itulah kenapa teluk ini dinamakan teluk biru . Agar tidak terjadi lagi pengeboman ikan, kawasan ini dilindungi oleh komunitas sekitar yang bernama Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku). Komunitas ini mempunyai beberapa kegiatan pelestarian lingkungan. Diantaranya adalah penanaman fish apartement, transplantasi terumbu karang, dan penanaman pohon mangrove yang bertujuan untuk menyelamatkan alam sekitar. Lokasi Teluk Biru berada di Muncar Banyuwangi di balik semenanjung Sembulungan, Teluk ini masih masuk di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Masyarakat sekitar menyebut teluk biru dengan sebutan Selanggrong. untuk akses menuju Teluk ini anda harus menggunakan jalur laut dengan biaya sewa 300-500 ribu dalam satu paket perjalanan biasanya sudah termasuk peralatan snorkeling. karena ombak di Muncar cukup besar maka sebaiknya perjalanan di mulai di pagi hari sampai siang hari, sebagai saran saja untuk mengunjungi Teluk Biru lebih baik jam 2 dini hari sambil menikmati Sunrise di Teluk Biru Banyuwangi.

4. Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi via http://www.yukpiknik.com

Pantai Wedi Ireng berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Pulau Merah yang cukup terkenal di Banyuwangi. Hanya sekitar 5 km saja.

Dasar penamaan pantai Wedi Ireng adalah warna pasirnya. Dalam bahasa Jawa wedi artinya pasir sedangkan ireng artinya hitam. Warna pasir di pantai ini sekilas memang putih bersih. Namun, jika diperhatikan dengan lebih seksama dari dekat, ada campuran warna hitam yang terdapat pada pasir di pantai Wedi Ireng sehingga pantai ini dinamakan pantai Wedi Ireng. Akses menuju pantai Wedi Ireng memang agak sedikit rumit. Jaraknya sekitar 65km di kota Banyuwangi. Untuk menuju pantai Wedi Ireng kamu bisa berkendara mengikuti arah ke pantai Pulau Mewah. Sekitar 3km sebelum pantai Pulau Merah akan ada penunjuk arah ke Pantai Pancer. Untuk bisa ke pantai Wedi Ireng kamu bisa parkir di kawasan TPI Pancer lalu disambung denganberjalan kaki.Untuk bisa sampai ke pantai Wedi Ireng ini kamu bisa menyebrang menggunakan perahu nelayan setempat. Pantai Wedi Ireng juga bisa digapai melalui pantai Pulau Merah, juga menggunakan perahu nelayan. biaya snorkeling di Pantai ini berkisar 25-35 ribu.

5. Pantai Bama Baluran

Pantai Bama Baluran

Pantai Bama Baluran via https://pariwisataunik.files.wordpress.com

anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan Padang Savana Bekol yang disebut Padang Savana Afrika nya Pulau Jawa. selain mempunyai Padang Savana Afrika , Taman Nasional Baluran juga memiliki Pantai Bama yang dikenal sebagai nirwananya Sunrise dan surganya snorkeling di Baluran. Pantai Bama menjadi salah satu tujuan wisatawan yang datang ke Baluran. Suasana pantai yang tidak terlalu ramai menjadikannya salah satu tempat yang seru untuk bertualang. Daya tarik dari pantai ini selain pasir putih serta air lautnya yang bersih adalah suasana natural yang sangat terasa. Hal ini dimungkinkan karna lokasi pantai ini berada di area taman nasional dan dikelilingi oleh hutan mangrove. Pemandangan dunia bawah laut di Pantai Bama ini terlihat sangat indah dengan banyaknya terumbu karang serta ikan hias. Dengan ombak yang cukup tenang kita bisa melakukan snorkeling untuk melihat-lihat keindahan dunia bawah laut di Pantai Bama.Jika lupa membawa peralatan snorkeling saat jalan-jalan ke pantai ini, tak perlu khawatir karna disana sudah tersedia penyewaan peralatan snorkeling serta alat menyelam. Di Pantai Bama juga terdapat cottage yang bisa digunakan untuk menginap. Untuk yang ingin berkeliling lingkungan pantai, tersedia fasilitas kano yang bisa digunakan dengan membayar sejumlah tertentu

 

Sumber : http://www.hipwee.com/list/untuk-anda-pecinta-bawah-laut-5-wisata-alam-untuk-snorkeling-maupun-diving-ini-wajib-anda-kunjungi-saat-berkunjung-ke-banyuwangi/

Written By:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *