in Lain Lain

Kredivo vs Akulaku, Mana Kredit Online Terbaik?

Sejumlah toko online di Indonesia menyediakan metode pembayaran secara cicilan. Sayangnya, hal ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna kartu kredit. Padahal banyak pihak bank yang mempersulit pembuatan kartu kredit. Bahkan nggak jarang pengajuan kartu kredit seseorang ditolak sampai berkali-kali. Untungnya sekarang terdapat beberapa layanan kredit online yang menyediakan cicilan tanpa kartu kredit yang bisa dipilih, seperti Kredivo dan Akulaku. Kedua produk tersebut bisa meng-cover tagihan pembelian online kamu layaknya kartu kredit. Mereka juga memberikan banyak penawaran menarik, lho. Kira-kira, mana ya yang lebih praktis dan menguntungkan?

Persyaratan & proses pendaftaran

Kredivo merupakan layanan penyedia fasilitas kredit online yang menawarkan kemudahan dalam pembayaran ketika kamu melakukan transaksi belanja online. Persyaratan pendaftarannya pun tidak rumit. Jika kamu adalah WNI berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta, berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan, maka kamu bisa langsung mendaftar akun Kredivo.

Caranya sangat mudah, cukup unggah KTP dan sambungkan satu akun e-commerce, maka kamu sudah bisa menggunakan fasilitas “bayar dalam 30 hari”, sedangkan jika kamu mau memilih opsi cicilan, sambungkan juga akun internet banking-mu. Keunggulannya, proses persetujuan pendaftaran Kredivo dilakukan hanya dalam waktu maksimal 1×24 jam dan tanpa survei, semua dilakukan 100% online.

Sama seperti Kredivo, Akulaku juga merupakan penyedia fasilitas kredit online yang memberi kemudahan dalam pembayaran ketika kamu berbelanja online. Syarat dan proses pendaftarannya hampir sama dengan Kredivo. Bedanya apabila di Kredivo usia minimum kepemilikan akun adalah 18 tahun, di Akulaku, kamu harus berusia 23 tahun ke atas. Area yang sudah ter-cover Akulaku meliputi Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Saat pendaftaran, ada formulir yang harus kamu isi seperti nomor telepon pasangan, orang tua, atau kerabat sebagai kontak darurat yang bisa dihubungi, informasi perusahaan, dan data bukti pekerjaan seperti ID karyawan atau slip gaji. Lalu, pihak Akulaku akan menghubungi kamu untuk proses verifikasi data.

Tenor, limit kredit dan biaya yang dikenakan

Kredivo menyediakan dua opsi pembayaran, yaitu “bayar dalam 30 hari” dan cicilan. Untuk opsi “bayar dalam 30 hari”, tidak dikenakan bunga apapun alias 0%. Selanjutnya untuk cicilan, tenor yang disediakan Kredivo mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan dengan kredit limit mencapai Rp 20 juta. Bunga yang dikenakan juga paling rendah dibanding perusahaan multi-finansial sejenis yaitu sebesar 2,95%. Kredivo juga tidak membebankan uang muka, biaya admin, atau biaya tambahan lainnya. Kamu hanya perlu membayar jumlah cicilan beserta bunga. Jika kamu terlambat membayar, maka bunga yang dikenakan setara dengan bunga keterlambatan kartu kredit konvensional yaitu sebesar 3%

Jika Kredivo memberi masa cicilan hingga 12 bulan, tenor maksimal di Akulaku hanya sampai 9 bulan. Jumlah kredit yang bisa kamu dapatkan pun hanya mencapai Rp 9 juta. Ketika kamu melakukan transaksi, Akulaku akan meminta uang muka terlebih dahulu sebelum memproses pesananmu. Bunga cicilan yang dikenakan mencapai 5%, dan untuk bunga keterlambatan, jumlahnya juga cukup besar yaitu 10%.

Jumlah merchant

Di Kredivo, kamu bisa melakukan banyak hal. Bukan hanya belanja barang, kamu juga bisa membayar berbagai macam kebutuhan seperti membeli pulsa dan kuota, membeli tiket nonton bioskop dan tiket pesawat, hingga membayar tagihan listrik, air atau BPJS. Kredivo telah bekerja sama dengan lebih dari 150 merchant, sehingga banyak kategori produk dan jasa yang bisa dipilih. Lima yang terpopuler di antaranya adalah Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan JD.id.

Akulaku juga sudah bekerja sama dengan beberapa merchant seperti Bukalapak, Elevenia, dan Blibli. Selain bekerja sama dengan beberapa e-commerce, Akulaku juga menjual beberapa produk di situs mereka.

Kemudahan transaksi

Jika sudah memiliki akun Kredivo, kamu bisa langsung bertransaksi di e-commerce rekanan Kredivo. Proses transaksinya juga nggak kalah mudah dengan proses pendaftarannya. Kamu hanya perlu dua klik setelah melakukan proses check out. Cukup login ke akun Kredivo-mu dengan memasukkan nomor HP dan PIN, lalu masukkan kode OTP yang dikirimkan sistem ke nomor HP-mu dan klik “Konfirmasi OTP”. Transaksi pun selesai dalam waktu singkat! Nggak perlu pusing menggunakan online banking atau kartu kredit yang membutuhkan proses berbelit-belit. Sistem keamannya pun terjamin karena memanfaatkan PIN dan OTP, sehingga akun Kredivo-mu terlindungi dengan sangat baik.

Sedangkan untuk berbelanja menggunakan Akulaku di e-commerce rekanan mereka, kamu harus memiliki riwayat belanja terlebih dahulu di situs Akulaku dengan minimal transaksi sejumlah Rp 200 ribu, atau memiliki riwayat belanja di e-commerce tersebut selama 6 bulan terakhir. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan pembelanjaan di e-commerce rekanan Akulaku pihanmu. Selesai menentukan barang pilihanmu, kamu akan mendapatkan nomor akun virtual. Terdapat proses verifikasi terlebih dahulu dari pihak Akulaku. Apabila pembelian disetujui, maka barang akan segera dikirimkan. Sedangkan jika pembelianmu ditolak, uang muka yang telah dibayarkan akan di-refund oleh pihak Akulaku.

Kredivo vs Akulaku, Mana yang Terbaik?

Dari penjabaran mengenai kedua penyedia fasilitas kredit di atas, dapat disimpulkan bahwa Kredivo lebih unggul dibandingkan Akulaku. Hal ini bisa dilihat dari sisi pendaftaran. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar Kredivo lebih sedikit, dan prosesnya lebih sederhana. Kamu tidak perlu mengisi banyak formulir, dan seluruh proses persetujuan dilakukan secara digital, tanpa verifikasi melalui telepon. Dilihat dari masa cicilan yang diberikan, Kredivo menyediakan opsi tenor lebih lama hingga 12 bulan, batas kredit lebih tinggi hingga Rp 20 juta, juga bunga yang lebih terjangkau bahkan 0% untuk pembayaran dalam 30 hari.

Proses transaksi di Akulaku juga kalah cepat dengan Kredivo. Jika limit kredit-mu mencukupi, kamu hanya memerlukan dua langkah yaitu login dan mengisi nomor OTP untuk bisa menyelesaikan transaksi melalui Kredivo. Sedangkan di Akulaku, masih ada proses verifikasi dari pihak Akulaku yang tentu memakan waktu lebih lama. Belum lagi kamu harus membayar uang muka terlebih dahulu. Nah, buat kamu yang mau melakukan transaksi menggunakan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit, tulisan ini bisa menjadi referensi untuk mendapatkan pengalaman bertransaksi terbaik. Selamat memilih!

 

Written By:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *