in Kesehatan

Migrain Berbeda dengan Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala adalah keluhan umum. Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala dengan keluhan dan tingkat keparahan berbeda. Sakit kepala bisa dirasakan di satu sisi atau di kedua sisi kepala. Durasi dan frekuensi sakit kepala juga dapat bervariasi tergantung pada jenis dan penyebabnya.

Sakit kepala dapat disebabkan oleh migrain jika rasa sakitnya benar, memiliki intensitas sedang hingga berat dan disertai dengan gejala mual, muntah, kepekaan terhadap cahaya atau suara. Karakteristik lain dari migrain adalah:

Rasa sakitnya berlangsung 4-72 jam.
Rasa sakit biasanya hanya muncul di satu sisi kepala, misalnya di pelipis, di belakang mata, wajah, rahang atau leher. Namun migrain juga bisa dirasakan di kedua sisi kepala.

Rasa sakit bertambah buruk ketika orang sakit melakukan kegiatan, melihat cahaya atau mendengar suara. Penderita migrain cenderung menemukan tempat yang tenang dan gelap untuk beristirahat ketika serangan sakit kepala terjadi.

Gejala pertama (gejala prodromal) dalam beberapa jam atau hari sebelum serangan terjadi. Contohnya adalah pusing, kaku di leher, gelisah, nafsu makan meningkat atau depresi.
Lebih sering dialami oleh wanita.

Dapat disertai dengan aura (gejala gangguan saraf), seperti penampilan lampu, garis atau penglihatan tidak normal, bisa juga berupa kehilangan penglihatan sementara. Selain itu, migrain dengan aura juga bisa mengalami kesulitan berbicara atau merasakan pin dan jarum.

Written By:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *