Sun. Feb 23rd, 2020

Love Haian

Sebarkan Cinta Melalui Berita

Penyebab Bayi Menangis Hingga Refleks Palmar Grasp sebagai Insting Naluriah

Image result for bayi menangis

Ketika bayi Anda menangis, itu adalah cara untuk memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah dan bahwa ia tidak nyaman atau merasa stres. Coba Anda lihat dari botol bayi, apakah sudah dicuci dengan bersih dengan menggunakan sabun cuci pembersih botol? Karena jika tidak akan membuat bayi tidak nyaman dengan aroma yang ditimbukan.

 

Akan memakan sedikit waktu sampai bayi Anda dapat sepenuhnya mengendalikan pergerakan anggota tubuhnya. Pada sekitar usia enam minggu, ia akan menggenggam satu tangan dengan tangannya yang lain dan mencoba membukanya sendiri. Pada usia enam bulan, umumnya bayi akan sudah bisa menggenggam obyek di antara jari dan jempolnya. Ia juga akan belajar untuk melepaskan genggaman. Anda juga tidak boleh kalah dalam mempelajari cara membersihkan pakaian bayi yang baik dan benar seperti yang terdapat dalam link berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/beberapa-hal-yang-harus-bunda-perhatikan-saat-mencuci-pakaian-si-kecil.

 

Tak hanya terjadi pada bayi manusia

Refleks Palmar grasp diduga hadir sebagai insting naluriah untuk mempersiapkan bayi agar bisa menggenggam telapak tangan dan melepasnya secara sukarela begitu ia besar nanti.

 

Penjelasan yang paling masuk akan mungkin berasal dari satu penelitian yang mengatakan bahwa tangan bayi mengepal saat lahir karena bayi monyet juga melakukannya untuk alasan bertahan hidup — dan monyet adalah saudara dekat manusia. Atau, lebih tepatnya, manusia modern berevolusi dari garis keturunan manusia-kera (homo sapiens) yang pernah hidup lebih dari enam juta tahun yang lalu di muka bumi.

 

Bayi monyet harus terus menggenggam erat bulu-bulu tebal milik si induk agar bisa bertahan hidup dan tidak tertinggal dari kawanan. Dan tidak cuma itu, tapi demi bisa menempel erat dengan induknya, bayi monyet haruslah terlibat dalam manuver dan posisi berisiko. Tanpa genggaman kuat dari kepalan tangannya, ia akan mudah terlepas dari pelukan induk mereka saat sedang bergelantungan terbalik di pohon atau berlarian kabur dari pemangsa. Dengan kata lain, memiliki kepalan tangan super kuat dapat menjamin keselamatan bayi monyet baik saat bangun maupun tertidur.