in Kesehatan

Tips Menjaga Kadar Glukosa Bagi Penderita Diabetes

Diabetes adalah jenis penyakit yang menjadi pembunuh nomor tiga di Indonesia. Sehingga diabetes bukanlah penyakit yang asing di telinga masyarakat. Penderita diabetes harus pintar dalam menjaga asupan makanannya untuk menjaga kadar glukosanya tetap stabil. Karena jika tidak, hal itu dapat menimbulkan dampak buruk. Akan tetapi banyak sekali penderita diabetes yang merasa kesulitan dalam menjaga kadar glukosa tetap stabil. Banyak yang sering merasa putus asa dan frustasi.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa digunakan. Mempertahankan kadar glukosa bukan berarti harus selalu menjauhi pantangan. Inilah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar glukosa tetap stabil bagi penderita diabetes, antara lain:

  1. Memperhatikan Asupan Karbohidrat

Banyak orang yang berpikir bahwa penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi karbohidrat. Padahal, karbohidrat adalah sumber energi utama yang sangat penting untuk tubuh. Hal ini karena makanan yang mengandung karbohidrat memiliki kandungan mineral, vitamin, dan serat makanan. Mengonsumsi karbohidrat memang bisa meningkatkan kadar glukosa, tetapi hal ini tidak akan menaikkan kadar glukosa terlalu tinggi atau terlalu cepat jika seorang penderita diabetes memiliki cukup insulin dalam tubuhnya. Penderita diabetes harus pintar dalam mencari sumber karbohidrat yang sehat.  Jadi, penderita diabetes harus bisa membatasi dan menghindari sumber karbohidrat yang tidak sehat.

  1. Melakukan Pola Makan Sehat

Memilih makanan yang sehat sudah menjadi kewajiban bagi penderita diabetes. Jika memang terasa sulit untuk mengubah pola makan, maka bisa dilakukan dengan cara yang bertahap. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, penderita diabetes bisa meminta bantuan seorang ahli gizi. Ahli gizi akan membantu menyusun pola makan yang sehat sesuai dengan kebutuhan, sehingga kadar glukosa tetap stabil.

Ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu, antara lain:

  • Selalu mengonsumsi karbohidrat yang sehat dalam menu makanan, seperti buah, sayur, kacang polong, dan masiih banyak lagi.
  • Jika tidak bisa menghindari gula, maka penderita diabetes bisa menggantinya dengan pemanis yang rendah kalori serta mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh.
  • Jika mempunyai makanan favorit, penderita diabetes tetap bisa mengonsumsinya dengan catatatan tetap memperhatikan porsi dan frekuensinya.
  • Mengurangi jumlah garam dan natrium.
  1. Memilih Makanan yang Berserat Tinggi

Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi akan membuat penderita diabetes merasa kenyang lebih lama, membantu menurunkan gula darah, mengurangi lemak dalam darah, dan akan mengurangi resistensi insulin.

  1. Makan Tiga Kali Sehari

Mengubah waktu dan jumlah yang dimakan secara drastis akan membuat tubuh sulit mengendalikan kadar glukosa. Akan lebih baik jika makan dengan jumlah karbohidrat yang sama dan pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari.

  1. Aktif Bergerak

Penderia diabetes harus aktif dalam menggerakkan tubuhnya. Luangkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga. Hal ini memiliki banyak manfaat untuk penderita diabetes, menurunkan dan menjaga kadar glukosa, tubuh lebih peka terhadap insulin, meningkatkan daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi manfaatnya.

 

Written By:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *