in Kesehatan

Tips Perawatan Pasca Terkena Luka Bakar

Luka bakar merupakan jenis luka yang bisa terjadi kapanpun, terutama bagi mereka yang pekerjaannya berkaitan dengan sumber panas seperti api. Mulai dari profesi koki, tukang las atau pekerja pabrik yang menggunakan listrik atau api, juga beresiko terkena luka bakar. Untuk mencari informasi mengenai obat untuk luka bakar, Anda bisa mengunjungi link https://www.goapotik.com/promo/obat-pilek-untuk-anak.

Penyebab terjadinya luka bakar pun beragam, mulai dari terkena minyak goreng, terkena api, terkena air aki sampai dengan akibat dari paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Cara Melakukan Perawatan Pasca Terkena Luka Bakar

  1. Menyiram air mengalir pada luka

Ketika Anda mengalami luka bakar, sebaiknya langsung alirkan air dingin tapi bukan air es, selama kurang lebih 20 menit pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Hal itu dilakukan untuk menghindari kulit agar tidak melepuh. Air berfungsi untuk mencegah panas ke bagian lapisan kulit yang lebih dalam.

Sebaiknya jangan memencet bagian gelembung seperti luka bakar ketika terkena knalpot atau setrikaan. Anda dapat membeli obat luka bakar knalpot di apotek. Tindakan tersebut hanya akan memperburuk keadaan dan bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

Karena di dalam gelembung kulit tersebut terdapat sel darah putih yang mati dan bakteri. Sehingga ketika di pecah, maka dapat menyebabkan bekas luka menjadi semakin parah.

  1. Tutup bagian luka dengan kain kassa steril

Luka bakar jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit dan lukanya menjadi lebih parah. Setelah Anda alirkan air pada bagian yang luka sebaiknya Anda tutup dengan menggunakan kassa steril.

Siapkan kassa yang telah dibasahi air dingin, kemudian tepukkan kassa pada bagian yang terkena luka secara perlahan. Hati-hati ketika menempelkan kain, karena bagian luka akan terasa perih dan menyengat.

  1. Oleskan salep untuk luka bakar

Untuk meregenerasi jaringan kulit yang terkena luka bakar dan mengurangi rasa nyerinya. Maka oleskan salep untuk luka bakar yang dapat dibeli di apotek.

Anda dapat membeliĀ  jenis salep yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak wijen, akar scutellariae dan rimpang coptidis. Bahan-bahan alami tersen bisa membantu untukmenjaga kelemban pada bagian kulit yang terbakar.

  1. Balut luka bakar menggunakan kassa

Ketika Anda membalut luka bakar menggunakan kain kassa, jangan terlalu kencang, karena bisa menyebabkan gesekan pada bagian luka yang bisamemperburuk keadaan. Anda harus melakukan perawatan sehari dua kali, agar kondisinya segera membaik.

Written By:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *